Keranjang

0 item - Rp0.00

Notifikasi Buku Baru via RSS

Sekarang, hampir semua penduduk kalangan menengah ke atas memiliki telepon pintar (smart phone). Selain digunakan untuk berkirim pesan singkat (sms) dan melakukan panggilan telepon, telepon pintar sudah digunakan untuk melakukan koneksi ke internet untuk berbagai macam tujuan, antara lain merambah (browsing) informasi, chatting dan sebagainya. Namun, ada kelemahan mendasar dalam mencari informasi melalui perambahan (browsing), yaitu informasi hanya didapatkan ketika pengguna aktif mencari. Namun, terdapat sebuah fasilitas  di telepon pintar yang memungkinkan pelanggan tamanpena.com dapat mengetahui buku terbaru tanpa harus aktif membuka web tamanpena.com, hanya dengan sekali pengaturan saja informasi buku terbaru selalu ditampilkan dalam bentuk notifikasi di telepon pintar layaknya mendapatkan notifikasi sms baru.

RSS untuk Update Informasi

Really Simple Syndication: an XML-based standard and format used to distribute recent news and other frequently updated content appearing on a website (sumber: http://dictionary.reference.com)

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication, yaitu sebuah standar dan format berbasis XML yang digunakan untuk mendistribusikan berita saat ini dan konten lainnya yang sering terupdate yang muncul pada sebuah web. Secara sederhana, RSS adalah ringkasan berita yang baru saja diupdate oleh web. Dengan memanfaatkan RSS ini, maka kita dapat mengetahui informasi terbaru dari suatu web tanpa harus membuka web tersebut terlebih dahulu. Simbol dari RSS adalah seperti pada gambar di bawah ini:

rss
rss (sumber: en.wikipedia.org)

RSS pada Smart Phone (Android)

Pada tutorial kali ini digunakan telepon pintar dengan sistem operasi Android dan perangkat lunak RSSDemon sebagai contohnya, sedangkan untuk sistem operasi atau perangkat lunak lain caranya bisa menyesuaikan. RSS ini bersifat otomatis karena pengguna tidak perlu membuka apapun. Update RSS akan dilakukan secara otomatis oleh perangkat lunak yang diinstal pada perangkat telepon pintar. Jika terdapat RSS terbaru, maka perangkat lunak tersebut akan memberikan notifikasi kepada pengguna tanpa pengguna membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu, layaknya mendapatkan notifikasi SMS baru. Untuk berlangganan RSS tamanpena.com dari suatu situs melalui perangkat lunak di smart phone dapat dilakukan melalui langkah berikut ini:

  1. Instal RssDemon (dibuat oleh Meecel) melalui Play Store seperti pada gambar di bawah ini:
    RSSDemon
    RSSDemon (sumber: bpti.say.ac.id)
  2. Setelah RssDemon terpasang pada telepon pintar, maka segera buka RssDemon tersebut. Pada waktu pertama kali membuka,  terdapat beberapa RSS bawaan dari perangkat lunak tersebut. Untuk menghapus RSS tersebut, pengguna dapat membuka menu, kemudian pilih More > Manages Sources dan hilangkan centang.
  3. Tekan simbol +, pilih Feed Url dan masukkan alamat RSS: http://www.tamanpena.com/feed/?post_type=product
  4. Sebelum menambahkan RSS lain atau menutup aplikasi, sebaiknya pengguna melakukan pengaturan agar RSSDemon memberikan notifikasi secara otomatis dengan cara:
    1. Membuka menu, kemudian pilih More > Settings > Notifications. Ubah suaranya karena setingan bawaannya tidak bersuara dengan cara pilih Select ringtone. Centang Vibrate jika ingin bergetar.
    2. Setting yang lain bisa disesuaikan dengan keinginan.
  5. Pengguna dapat menambahkan RSS dengan salah satu cara berikut ini:
    1. Membuka menu, kemudian pilih More > Manage Sources, kemudian tekan simbol +, pilih Feed Url dan masukkan RSS yang dikehendaki, misalnya: http://www.tamanpena.com/feed/, kemudian klik tombol Save.
    2. Tekan simbol +, kemudian tekan simbol +, pilih Feed Url dan masukkan RSS yang dikehendaki, misalnya: http://www.tamanpena.com/feed/, kemudian klik tombol Save.
    3. Untuk RSS yang membutuhkan user dan passwod, setelah pengguna menekan tombol Save (pada langkah 1 atau 2), maka pengguna membuka menu, kemudian pilih More > Manage Sources. Pilih RSS yang akan diberikan username dan password, kemudian masukkan username dan password pada kotak yang tersedia dan pilih Save.
  6. Cara Membaca Informasi:
    1. Pengguna dapat memilih Last 24 hours untuk melihat berita dalam 24 jam terakhir,  All Unread untuk berita yang belum dibaca, All Star untuk berita favorit, All Podcast untuk media yang dilampirkan dan berita sesuai dengan kategori-kategori.
    2. Setelah langkah 1, pengguna dapat menyentuh Judul RSS untuk dapat melihat info singkat dari RSS. Informasi lengkap dapat dilihat dengan cara menyentuh judul atau dengan membuka menu, kemudian pilih Open. Selain membuka informasi menggunakan aplikasi lain, pengguna juga dapat berbagi artikel (more > share article) atau tautan (more > share link).
    3. Geser ke kiri atau ke kanan untuk membaca berita sebelum atau setelahnya.
    4. Informasi yang ingin disimpan dapat diberikan tanda bintang, agar tidak dihapus apabila sudah mencapai batas yang telah ditentukan.

RSS pada Smart Phone (Android)

Daftar RSS tamanpena.com